Thursday, February 28, 2019

Struktur Dasar Internet Yang Perlu Kamu Ketahui


Hallo temen temen semua kembali lagi di Sekadarberbagi.com
 Internet merupakan jaringan besar komputer yang menghubungkan jutaan computer di seluruh dunia.Internet memberikan akses informasi yang dimasukkan oleh orang per orang, perusahaan, dan organisasi. Internet juga dapat digunakana untuk bertukar informasi, mengirim pesan, dan membeli barang.

Baca juga : Pengertian Mikrotik Beserta Fungsinya

DASAR-DASAR INTERNET
Sebagian besar orang terhubung (log masuk) dengan Internet menggunakan perangkat lunak disebut penjelajah web (browser)
Struktur dasar internet disediakan oleh perusahaan telepon. Kabel dari perusahaan telepon membawa informasi yang kamu kirimkan dan diterima ketika menggunakan internet. Sebagian besar pengguna dirumah menggunakan penyedia jasa internet (internet service provider-ISP), untuk menyediakan akses ke Internet. Ketika terhubung dengan internet, pesan-pesan dari komputermu akan masuk ke kabel telepon menuju komputer-komputer kuat milik ISP. Komputer-komputer tersebut bekerja seperti kantor pos elektronik, yang secara otomatis memilah dan mengirim informasi dalam hitungan detik.

Menggunakan Internet:
1. Anda log masuk ke internet melalui kabel telepon.
2. Pesan yang kamu ketik di penjelajah web akan masuk ke ISP.
3. ISP kemudian akan mengirimkan pesan melalui sederetan computer kuat yang disebut perute atau penghala (routers).
4. Informasi diteruskan sampai mencapai computer yang memegang informasi atau disebut server.
5. Server akan mengirimkan informasi yang kamu minta kembali ke ISP melalui perute.
6. ISP akan mengirimkan informasi kembali ke komputermu melalui kabel telepon.

World Wide Web (WWW) merupakan jaringan laman web raksasa yang dapat diakses melalui internet.

WORLD WIDE WEB (WWW)
(dalam bahasa Indonesia, waring wera wanua) merupakan sumber informasi raksasa, arena jejaring social, dan tempat melaksanakan perdagangan elektronik. Jaringan tersebut berisi jutaan laman web. Setiap laman terbentuk dari dokumen-dokumen yang disebut laman web.

HTML
Dalam bahasa computer, laman web ditulis HyperText Markup Language (HTML). Jika kamu sedang melihat sebuah halaman web, kamu dapat melihat kode-kode tersebut dengan mengklik tombol “View” (lihat), kemudian dilanjutkan dengan memilih “Source”.

TAUTAN
Pada laman web, beberapa kata atau gambar ditampilkan lebih menonjol. Jika kita mengkik kata-kata tersebut, maka akan muncul halaman baru dengan informasi yang baru, atau diunduh. Tautan dapat membuat kita berpindah dengan cepat dari satu halaman ke halaman lain di seluruh laman web.

NAMA-NAMA INTERNET
Setiap potongan informasi internet memiliki alamat, yang disebut dengan Pelokasi Sumber Daya Seragam (Uniform Resource Locator URL). Sebuah URL dapat memanggil informasi yang sesuai dengan keinginanmu. Alamat tersebut juga mendefinisikan format (disebut protocol) dari pesan yang akan dikirim.
Sebaris URL
http://www.howstuffworks.com/web-server/html
http:// adalah protocol, singkatan dari hypertext transfer protocol (protocol transfer hiperteks).
www.howstuffworks.com adalah domain (ranah) yang merupakan identitas dari laman web dan server tempat laman tersebut disimpan.
Web-server.htm: path file, yang merupakan nama dari berkas yang disimpan. .htm menunjukkan bahwa berkas tersebut ditulis dalam kode HTML.

DOT COM
Bagian terakhir dari sebuah nama domain disebut sebagai domain tingkat atas. Berikut ini beberapa contoh arti dari nama tersebut.
.com untuk organisasi komersil
.edu untuk sekolah atau lembaga pendidikan
.gov untuk lembaga pemerintahan
.org untuk organisasi nirlaba (seperti organisasi amal)
Beberapa nama domain memiliki dua huruf tambahan sebagai identitas Negara tempatnya berasal. Sebagai contoh:
.es untuk Negara spanyol
.th untuk Negara Thailand
.uk untuk Inggris Raya

SURAT ELEKTRONIK (EMAIL)
Surel atau surat elektronik (electronic mail,Email) merupakan salah satu cara komputermu mengirimkan pesan kepada pengguna internet lainnya. Kamu menulis dan membaca Email dengan menggunakan perangkat lunak pembaca surat elektronik, seperti Outlook Express. Yang dibuat oleh Microsoft. Surat elektronik dikirimkan dari kabel telepon ke ISP. Dari sana, surat elektronik kemudian dikirimkan ke ISP penerima melalui internet, ketika menunggu waktu pengiriman, yaitu saat penerima melakukan log masuk ke Internet.

PERDAGANGAN ELEKTRONIK
Internet juga dapat digunakan untuk membeli dan menjual barang. Hal tersebut dikenal dengan perdagangan elektronik (e-commerce). Barang dan jasa yang ditawarkan pada laman web dapat dipesan secara langsung dengan mengisi formulir pemesanan yang terdapat pada laman web. Perdagangan elektronik juga membuat orang dapat membeli apa pun, kapan pun, dan dari mana pun. Tetapi, hal tesebut bukan berarti kamu tidak dapat mengamati barang-barang atau mencobanya sebelum kamu membelinya.

MOBILE INTERNET
Internet juga dapat diakses oleh telepon seluler. Telepon dapat menampilkan laman web dengan protocol yang berbeda dengan gambar yang lebih sedikit. Laman-laman tesebut didesain lebih sederhana dibandingkan laman web biasa karena jaringan telepon selular membawa lebih sedikit informasi digital dibandingkan koneksi internet biasa. Sebagian besar telepon seluler juga dapat digunakan untuk mengirim surat elektronik.


Sekian Artikel Struktur Dasar Internet semoga bermanfaat :)
jika ada kendala/masukkan hubungi admin@sekadarberbagi.com