Monday, February 18, 2019

Pengertian CMYK dan RGB Dalam Ilmu Desain

Dalam desain grafis kita sering mendengar istilah CMYK dan RGB, sebagai seorang yang mengluti dunia desain grafis tentu harus memahami kedua istilah ini. penggunaan CMYK dan RGB sering tidak tepat sasaran karena ketidak pahaman tentang kedua model warna ini. dengan demikian pada artikel ini saya akan mencoba membahas tentang Pengertian CYMK dan RGB dalam ilmu desain. untuk lebih memahami perhatikan penjelasan dibawah ini :


    1. Pengertian RGB ( Red Greeb Blue)
RGB ( Read Green Blue ) adalah model warna yang terdiri dari tiga channel dalam memproduksi warna yakni Red Green dan Blue, gambar dalam RGB bekerja dalam format 24 bit dan setiap channel yang ada dalam RGB mengandung 8 bit. Alat elektronik yang memanfaatkan warna RGB contohnya monitor komputer, scanner, kamera digital, dll, tentu jika anda ingin mencetak hasil desain pada RGB tentu harus melakukan convert ke CMYK terlebih dahulu agar warna hasil cetak cetak sesuai dengan hasil yang ada pada monitor. sehingga dapat kita simpulkan bahwa model warna RGB bahwa RGB adalah warna primer subtraktif tetapi tidak digunakan dalam industri percetakan. 


   2. Pengertian CMYK
Jika anda telah memahami pengertian dari RGB, kemudian kita akan membahas apaitu CMYK, Model warna CMYK adalah model warna yang terdiri dari empat channel dalam mereproduksi warna yaitu Cyan, Magenta, Yellow, dan Black. secara umum gambar dalam bentuk CMYK bekerja dengan format 32 bit dan setiap bchannel warna C,M,Y,K mengandung 8 bit,  model warna CMYK dan RGB memiliki perbedaan  jangkauan warna yang disebut dengan gamut warna( Color gamut)/calor space, sehingga gambar dengan model CMYK pada monitor akan lebih redup apabila dibandingkan dengan RGB.

Kesimpulan :
Pada penjelasan Diatas dapat kita simpulkan bahwa ada dua Model warna yaitu RGB dan CMYK, RGB sendiri digunakan untuk keperluan peralatan elektronik sedangkan CMYK digunakan untuk keperluan percetakan.


Itulah pengertian dari RGB dan CMYK, semoga dari penjelasan diatas anda dapat memami lebih dalam tentang RGB dan CMYK dan dapat menerapkannya sesuai dengan kegunaan dari model warna itu sendiri.
Jika ada pertanyaan terkait artikel ini, silahkan meninggalkan komentar.